WeLcome

SiLahkan Anda melihat berbagai posting saya :)

Senin, 09 Agustus 2010

gigi snut snut......

hari pertama drumah dsambut ga enak dg gigi linu yg nyut2an, mungkin karena udara dngin drumh yg bkin gigiq jd nyut2 neh,pa lgi ditambah sariawanq yg digusi atas bagian belakang sulit diobatin hmmmmm makin g enak dmulutna :(

nyari2 info tntang gigi linu n cara pengatasana, ada beberapa yg q dpet n menrtq bsa djadiin panutan

Gigi yang sensitif (ngilu/linu) adalah gigi yang kalau kena suatu rangsang (dingin, panas, asam atau manis) terasa ngilu padahal pada gigi yang normal, sensasi seperti ini tidak terasa.
Sensitifitas ini terjadi karena “terlukanya” email gigi (karena adanya lubang gigi atau gusi yang susut, sehingga dentin yang tadinya terlindungi oleh email kini jadi hipersensitif. Harap dipahami bahwa di dalam jaringan dentin terdapat serabut yaraf, sedangkan pada lapisan email serabut ini tidak ada.

Ada berbagai penyebab dentin jd hipersensitif:

1.Hilangnya lapisan email dan sementum (lapisan yang menyelubungi akar). Bisa diakibatkan oleh:
a.Erosi ataupun lubang gigi (akibat asam). Hal ini bisa dipicu oleh kebersihan mulut yang buruk, makanan atau minuman asam, penyakit atau kelainan tertentu (GERD, Chron’s disease, bulimia, xerostomia), tambalan ataupun anatomi gigi yang sedemikian rupa sehingga menyebabkan retensi atau menempelnya plak.

b.Atrisi gigi. Merupakan suatu kondisi hilangnya lapisan gigi (email ataupun dentin) akibat gesekan antar permukaan gigi. Dijumpai pada orang dengan kelainan bruxism (kebiasaan menggesek-gesekkan gigi), dan pada orang tua (karena penggunaan gigi yang sudah berlangsung lama)

c.Abrasi gigi. Hilangnya lapisan gigi (email, dentin, atau sementum) atau kerusakan gigi secara mekanis. Dapat diakibatkan oleh penggunaan sikat gigi yang terlalu keras dengan cara penyikatan yang tidak benar, penggunaan pasta gigi anti karang gigi yang mengandung bahan abrasif, perawatan scaling dan root planninguntuk membuang karang gigi.
Kondisi akar gigi yang terbuka juga dapat memicu terjadinya erosi dan abrasi lapisan sementum. Sementum merupakan lapisan tipis yang menutupi permukaan akar gigi dan sangat mudah mengalami erosi ataupun abrasi.

d.Trauma. Trauma yang mengakibatkan retak atau pecahnya gigi juga dapat menyebabkan dentin terbuka. Selain itu perubahan drastis pada gigi (misalnya ketika makan dan minum dengan suhu panas dan dingin secara bersamaan juga dapat menimbulkan retak pada gigi).


2.Adaptasi tambalan gigi yang kurang baik.

3.Perawatan bleaching atau pemutihan gigi. Terkadang, tabung-tabung dentin yang terbuka tidak mengakibatkan gigi linu. Karena dalam kondisi tertentu, tabung-tabung tersebut dapat tertutup oleh debris ataupun bahan-bahan organik. Ketika melakukan perawatan bleaching, obat-obatan yang digunakan dapat melarutkan debris-debris tersebut sehingga menyebabkan tabung-tabung dentin tersebut kembali terbuka.

ada beberapa yg bilang klo cara pengatasan gigi ngilu neh bisa pke pasta gigi yg khusus untuk gigi sensitif, bisa jg dg scaling untuk membershkan karang gigi yg bsa sbgai penyebab ngilu, dan hindari mkanan/mnuman yg bis amembuat gigi ngilu

hmmmm baiklah,q mu nyoba pke sens*dyne bwt atasi gigi ngilu neh, kl emang mkin nyut2an mngkin sbaikna k dokter gigi ajah kekna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar